Sukabumi

Pembekalan Teknis Pilkades, Bupati Sukabumi Pinta Panitia dan Pengawas Taat Aturan

111
×

Pembekalan Teknis Pilkades, Bupati Sukabumi Pinta Panitia dan Pengawas Taat Aturan

Sebarkan artikel ini
Pembekalan Teknis Pilkades, Bupati Sukabumi Pinta Panitia dan Pengawas Taat Aturan
Bupati Sukabumi H. marwan Hamami memberikan arahan dalam pembekalan teknis Pilkades serentak siklus 2 gelombang 2 tahun 2023. [Penasukabumi.com/Ist] .

PENASUKABUMI.COM – Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami mengatakan, Panitia dan Pengawas Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak berperan penting dalam suksesi pilkades. Mengingat, mereka menjadi gerbang pertama bagi setiap orang yang akan mencalonkan menjadi kepala desa.

“Melihat hal itu, gunakanlah aturan dan jaga integritas,” ujarnya saat memberikan arahan dalam pembekalan teknis Pilkades serentak siklus 2 gelombang 2 tahun 2023 di Hotel Sukabumi Indah. Selasa (20/06/2023).

Panitia dan pengawas Pilkades pun harus cermat terhadap setiap orang yang akan mencalonkan. Cermat dalam melihat sisi pendidikan hingga hal lainnya yang sesuai aturan.

“Peran bapak/ibu dalam menentukan calon kepala desa sangat besar, jadi harus ikuti aturan. Ketika semua sudah seusai dengan aturan, masyarakat tinggal memilih calon yang laik sesuai aturan.” Ucapnya.

Plh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan mengatakan, Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi akan dilaksanakan di 71 desa yang tersebar di 38 kecamatan. Maka dari itu, kegiatan hal ini menjadi sangat penting agar semuanya satu persepsi dalam penyelenggaraan pilkades.

“Setiap desa ada 11 Panitia Pilkades dan 5 Panitia Pengawas. Jadi, total keseluruhan ada 1.136 orang.” ungkapnya.

Pelaksanaan pembekalan teknis Pilkades serentak siklus 2 gelombang 2 tahun 2023 ini, dilakukan secara bergiliran untuk sejumlah desa.

“Kita mulai kegiatan ini sejak 12 Juni lalu. Setiap harinya bergantian pantia dan pengawas pilkades yang menerima pembekalan.” pungkasnya.