Sukabumi

Paripurna, Bupati Jelaskan Urgensi Disusunnya 2 Raperda

85
×

Paripurna, Bupati Jelaskan Urgensi Disusunnya 2 Raperda

Sebarkan artikel ini
Paripurna, Bupati Jelaskan Urgensi Disusunnya 2 Raperda

PENASUKABUMI – Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka pengambilan keputusan atas dua Raperda, antara lain penetapan Raperda tentang penyertaan modal daerah kepada PT Lembaga Keuangan Mikro Sukabumi serta penetapan Raperda tentang penyertaan modal daerah kepada Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri. Rapat Paripurna berlangsung di ruang rapat DPRD Kabupaten Sukabumi, Kamis, 21 Desember 2023.

Marwan Hamami menjelaskan, maksud disusunnya dua Raperda tersebut adalah untuk pengembangan usaha, penguatan struktur permodalan dan penugasan pemerintah daerah yang bertujuan untuk memperkuat permodalan perumda dalam meningkatkan daya saing dan pendapatan asli daerah.

“Penyertaan modal daerah dilakukan untuk modal pendirian serta penambahan modal dengan bentuk berupa uang dan barang milik daerah,” terangnya.

Dijelaskan Bupati, terdapat dua variabel penting yang dapat mempengaruhi perkembangan Perumda, satu diantaranya perhatian pemerintah dan modal. Kedua variabel tersebut sangat mempengaruhi tingkat efisiensi dan efektivitas Perumda.

“Pada prinsipnya peraturan perundang-undangan telah memberikan peluang yang sangat lebar mengenai sumber modal Perumda atau perusahaan perseroan daerah yang sesuai dengan ketentuan pasal 19 peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang badan usaha milik daerah,” tegasnya.

Marwan menambahkan, penyertaan modal daerah diyakini akan menumbuh kembangkan perekonomian daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli daerah.

“Insya Allah kedua Perda tersebut menjadi kunci keberhasilan pembangunan daerah kabupaten sukabumi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama atas dua Raperda