Sukabumi

Cimaja Surfing Festival, Gelombang Euforia dan Pembangunan Potensi di Hari Jadi Kab. Sukabumi ke-153

103
×

Cimaja Surfing Festival, Gelombang Euforia dan Pembangunan Potensi di Hari Jadi Kab. Sukabumi ke-153

Sebarkan artikel ini
Cimaja Surfing Festival, Gelombang Euforia dan Pembangunan Potensi di Hari Jadi Kab. Sukabumi ke-153
Pembukaan Survival Sukabumi Ngabumi dan Cimaja Surfing Festival oleh Bupati Sukabumi. [Foto : Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Ribuan masyarakat memadati kawasan pantai Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak untuk menyaksikan pembukaan Cimaja Surfing Festival (Survival) sekaligus pembukaan Sukabumi Ngabumi, Hari Jadi Kab. Sukabumi ke-153, Sabtu (12/8/2023).

Acara diawali dengan penampilan debus padjajaran anyar dari kasepuhan adat sinar resmi, Kecamatan Cisolok.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, event cimaja survival dinilai bisa mengoptimalkan potensi yang di anugerahkan untuk sukabumi menjadi pembangkit kesejahteraan masyarakat dalam tumbuhnya ekonomi, potensi pariwisata dan sosial.

“Apabila masyarakat bisa memanfaatkan event seperti ini, maka kedepan akan dirasakan manfaatnya. Yang paling penting peran masyarakat itu sendiri akan menentukan maju atau tidaknya suatu daerah,” ucapnya.

Disampaikan Bupati, Pantai Cimaja sudah terdengar gaungnya dikalangan para pecinta surfing atau peselancar air baik dari dalam maupun luar negeri. Betapa tidak, pantai ini memiliki ketinggian ombak mencapai 4 meter sehingga cukup adrenalin bagi para penghobi nya.

“Ombak di kawasan pantai cimaja ini tak kalah bagus oleh ombak di pantai bali, sehingga kawasan cimaja ini harus dikembangkan secara bersama dengan masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, penyelenggaraan event ini akan membawa dampak langsung pada perekonomian masyarakat serta menjadi ajang promosi yang efektif karena memiliki media value yang sangat besar. Apalagi event tersebut diikuti dari beberapa negara diantaranya Amerika, Austria, Turki, New Zealand dan Japan.

“Dari lima negara yang mengikuti event ini, tahun depan bisa menjadi 50 negara yang turut memeriahkan,” pintanya.

Tambahnya, event ini diyakini bisa memperkenalkan surfing kepada generasi muda untuk melahirkan atlet baru di Kab. Sukabumi.

“Mudah-mudahan dua kegiatan ini bisa menjadi tapak atau awal membangun pariwisata dan potensi Kab. Sukabumi dimasa depan,” paparnya.

Sebelumnya, Chief Executive Cimaja Survival Wahid Kian menjelaskan, event yang di ikuti 101 peserta dari beberapa negara akan beradu ketangkasan diatas papan surfing menaklukkan ombak cimaja dengan dibagi menjadi empat kategori yakni Open, Under Sixteen (16), Women dan Eks Patriot.

“Sebanyak sebelas negara yang kita konfirmasi, namun hari ini hanya lima negara. Insya Allah mudah-mudahan di tahun depan alan lebih meriah lagi,” singkatnya.