Sukabumi

Bupati Sukabumi Hadiri BAZNAS AWARD 2023 untuk Pengelolaan ZIS

71
×

Bupati Sukabumi Hadiri BAZNAS AWARD 2023 untuk Pengelolaan ZIS

Sebarkan artikel ini
Bupati Sukabumi Hadiri BAZNAS AWARD 2023 untuk Pengelolaan ZIS
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri acara BAZNAS AWARD 2023. [Foto : Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri acara BAZNAS AWARD 2023 di Pudak Arum Pendopo Sukabumi, Senin (7/8/23).

Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk menginformasikan dan transparansi kegiatan pengelolaan ZIS di Kabupaten Sukabumi. Hal itu dimulai dari pengumpulan hingga Pendistribusian.

Unang juga mengaku akan terus mengembangkan berbagai peluang untuk mengelola ZIS dari masyarakat, sesuai dengan syariat Islam.

Di samping itu, lanjut Unang, Baznas Kabupaten Sukabumi juga membuat berbagai program penyaluran ZIS dari masyarakat, seperti program pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa, bantuan kesehatan, renovasi rumah tidak layak huni, dan gerakan memakmurkan masjid serta SKSS (Satu kecamatan Satu Sarjana) dan rencana membangun Mesjid di Selabintana.

Karena itu, Unang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyalurkan ZIS melalui Baznas Kabupaten Sukabumi.

“Insya Allah, dengan menyalurkan ZIS melalui Baznas Kabupaten Sukabumi akan lebih bermanfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengungkapkan apa yang dilakukan Baznas sangat luar biasa. Bahkan mampu berkontribusi dan mendorong pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Terutama dalam percepatan penyaluran bantuan kepada masyarakat.

“Keberadaan zakat memiliki keberkahan yang luar biasa, sehingga setiap muslim harus memiliki pondasi yang kuat untuk meyakini bahwa ajaran Islam itu pasti memiliki hikmah dalam kehidupan melalui Zakat yang dikelola dengan baik kita yakini persoalan kemiskinan terutama bisa teratasi,” terangnya.

Menurut Bupati, Acara tersebut harus dijadikan momentum tali silaturahmi antara UPZ, Baznas dan Perangkat Daerah, media dan steakholder pengelola Zakat lainnya.

“Baznas Kabupaten Sukabumi ini sebagai Lembaga terpecaya dan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya menyelesaikan persoalan umat persoalan masyarakat kecil yang sering dihadapinya terutama mereka yang kurang beruntung dari sisi ekonominya, melalui penerapan inovasi program BEBEJA ( Berdaya bersama Zakat) yang relevan dan dinamis program pengumpulan ZIS, Program Pendistribusian, dan Pemberdayaannya,” tambahnya.

Bupati juga berharap, masyarakat bisa semakin sadar dalam melaksanakan zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Terutama dalam menyalurkan ZIS-nya ke Baznas Kabupaten Sukabumi.

Hasil BAZNAS AWARD Kabupaten Sukabumi 2023 adalah:
UPZ kecamatan Terbaik dan tertinggi kategori pengumpul infak ramadhan 2023 yaitu Kecamatan Jampang Tengah
UPZ Kecamatan terbaik katagori pengumpul infak Ramadhan 2023 yaitu

  1. Kecamatan Cikembar
  2. Kecamatan Nagrak
  3. Kecamatan Cisaat
  4. Kecamatan Surade
  5. Kecamatan Purabaya
    6.Kecamatan Cisolok.
    masing masing mendapat satu buah Motor dari Baznas Provinsi dan bantuan ambulan diberikan kepada RSUD Sagaranten.

Hadir Pada acara tersebut Ketua DPRD Kab Sukabumi Para Kepala Perangkat Daerah, Ketua Baznas Provinsi, Ketua MUI, dan Undangan lainnya.