Berita

Banjir Melanda Kecamatan Ciemas Sukabumi, Sejumlah Desa Terendam

160
×

Banjir Melanda Kecamatan Ciemas Sukabumi, Sejumlah Desa Terendam

Sebarkan artikel ini
Banjir Melanda Kecamatan Ciemas Sukabumi, Sejumlah Desa Terendam
Beberapa wilayah di Ciemas, Sukabumi Terendam Banjir

PENASUKABUMIBanjir melanda beberapa titik di wilayah Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengakibatkan sejumlah desa terendam air. Kejadian ini tidak hanya merendam rumah-rumah warga, tetapi juga membuat jalan provinsi di sekitar area tersebut tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Wawan Gondawan, menjelaskan bahwa Desa Mandrajaya, Ciwaru, dan Tamanjaya menjadi daerah yang terdampak, dengan ketinggian air mencapai 50 cm hingga 100 cm.

“Banjir parah terjadi di Jalan Citangkil RT.06 RW.04 Desa Mandrajaya yang mengarah ke Bale RK dan Desa Ciwaru. Kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas di sana,” ujar Wawan Gondawan, Jumat (19/1/2024).

Sementara beberapa akses jalan masih dapat dilalui, seperti Cidahon dan Jembatan Cikalong yang menghubungkan Desa Mekarsakti dengan Desa Ciwaru. Jembatan Citamiang (jalan kabupaten) dan Kp. Rancasalak Jembatan Cisohir juga masih dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Jalan Cikoneng, status Jalan Kabupaten RT.03 RW.09 Desa Tamanjaya, tidak bisa dilewati kendaraan roda dua, namun masih dapat dilalui kendaraan roda empat dengan berhati-hati,” tambahnya.

Dalam menghadapi situasi ini, BPBD Kabupaten Sukabumi terus melakukan langkah-langkah penanganan dan evakuasi untuk memastikan keselamatan warga terdampak banjir.

“Hingga siang ini, situasi cuaca masih hujan. Kami pun terus berkoordinasi dengan forkopincam dan pemerintah Desa mengenai banjir ini,” ungkap Wawan Gondawan.