Berita

Tinjau Layanan KAI Jelang Tahun Baru, Wamen BUMN Gunakan Kereta New Generation pada KA Argo Dwipangga

94
×

Tinjau Layanan KAI Jelang Tahun Baru, Wamen BUMN Gunakan Kereta New Generation pada KA Argo Dwipangga

Sebarkan artikel ini
Tinjau Layanan KAI Jelang Tahun Baru, Wamen BUMN Gunakan Kereta New Generation pada KA Argo Dwipangga
Foto :Dok PT KAI

PENASUKABUMI – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerima kunjungan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo yang melakukan tinjauan layanan KAI menjelang tahun baru 2024.

Peninjauan dilakukan dimulai dari Stasiun Jakarta Kota menggunakan bakalan KA Argo Dwipangga menuju Stasiun Gambir, dilanjutkan dengan meninjau dan menyapa penumpang di stasiun pada Sabtu (30/12).

Dalam kunjungannya, Kartika Wirjoatmodjo didampingi oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Utama PT INKA Eko Purwanto.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, sejauh ini KAI mengoperasikan Kereta New Generation pada 3 KA yakni KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo Balapan pp mulai 13 Desember 2023 (Kereta Eksekutif dan Luxury), KA Argo Lawu relasi Gambir – Solo Balapan pp mulai 18 Desember 2023 (Kereta Eksekutif dan Luxury), dan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta pp mulai 21 Desember 2023 (Kereta Eksekutif).

“Minat masyarakat terhadap Kereta New Generation ini cukup tinggi. Sejak pertama kali dioperasikan sampai dengan Jumat (29/12), total terdapat 32.000-an penumpang Kereta New Generation dengan okupansi mencapai 86%,” kata Joni dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (30/12/23)

Ke depan, kereta New Generation ini akan digunakan oleh KA-KA lainnya, sehingga semakin banyak masyarakat yang menikmati peningkatan pelayanan KAI dari sisi kualitas sarana kereta api yang digunakan.

Kereta New Generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 s.d 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero). Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass, sehingga lebih aman dan mereduksi panas serta kebisingan suara.

KAI mencatat volume penumpang kereta api selama 9 hari periode posko libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/24 yakni tanggal 21 s.d 29 Desember 2023 sebanyak 1.831.876 penumpang. Adapun okupansi penumpang pada periode tersebut mencapai 121% dari kursi yang disediakan sebanyak 1.517.760 penumpang.

Okupansi yang melebihi angka 100 persen ini karena merupakan penumpang dinamis yang turun-naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir. Pada periode libur Tahun Baru 2024, puncak arus mudik terjadi pada Jumat (29/12), sedangkan arus balik diprediksi terjadi pada Senin (1/1/24).

Berdasarkan data pada Sabtu (30/12), tiket KA yang terjual untuk keberangkatan Jumat (29/12) sebanyak 203.043 tiket atau 120% dari total tiket yang disediakan. Sedangkan tiket yang terjual pada Senin (1/1) sebanyak 159.506 tiket atau 94% dari total tiket yang disediakan. Angka tersebut akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

Adapun penjualan tiket KA pada periode Nataru secara keseluruhan selama 18 hari yakni 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024 sudah sebanyak 2.672.796 tiket , terdiri tiket KA Jarak Jauh, Menengah, dan Lokal yang dikelola oleh KAI.

“Hadirnya Kereta New Generation beserta layanan-layanan lainnya merupakan wujud upaya KAI untuk beradaptasi dengan tuntutan pelanggan. Serta mewujudkan visinya yakni ‘Menjadi Solusi Ekosistem Transportasi Terbaik untuk Indonesia’,” tutup Joni.

(Public Relations KAI)