Sukabumi

Sambut HUT TNI ke-78, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Gelar Aksi Bersih Pantai Cibutun

66
×

Sambut HUT TNI ke-78, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Gelar Aksi Bersih Pantai Cibutun

Sebarkan artikel ini
Sambut HUT TNI ke-78, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Gelar Aksi Bersih Pantai Cibutun
Dandim 0622, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo bersama Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, kerahkan 1300 personil ke pantai Cibutun. [Foto: Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada tanggal 5 Oktober, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi telah menggerakkan 1300 personil gabungan, termasuk TNI, Polri, Pemerintah Daerah, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, komunitas pegiat lingkungan, dan masyarakat untuk melakukan kegiatan pembersihan pantai Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan pada Rabu (4/10/23).

Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, menjelaskan bahwa upaya membersihkan pantai ini adalah bentuk kepedulian masyarakat dalam menyambut peringatan HUT TNI ke-78 yang berlangsung mulai tanggal 4 hingga 7 Oktober.

“Kami berupaya dengan maksimal menggunakan kekuatan 1200 personil yang didukung oleh 1 unit loader, 3 traktor, dan 3 beko,” ujarnya.

Menurut Dandim, aksi ini juga merupakan wujud kepedulian bersama terhadap Kabupaten Sukabumi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Dalam situasi ini, mari kita bersama-sama membuktikan bahwa kita, masyarakat Kabupaten Sukabumi, sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan kita,” tegasnya.

Dandim juga mengungkapkan bahwa mereka sedang melakukan penelitian terhadap penyebab penumpukan sampah di pantai Cibutun, dan ia mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Semoga dengan upaya besar ini, pantai Cibutun dapat menjadi lebih bersih, aman, dan nyaman bagi semua,” tambahnya.

Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, juga menjelaskan bahwa pantai Cibutun merupakan muara dari beberapa aliran sungai, termasuk sungai Cimandiri, di Kabupaten Sukabumi. Pantai ini telah menjadi tempat penumpukan sampah di sepanjang 117 kilometer pantai Kabupaten Sukabumi.

“Kami mengajak seluruh masyarakat dan badan usaha untuk bekerja sama dalam mengelola sampah dan limbah secara baik dan bertanggungjawab,” ungkapnya.