Sukabumi

Perkaya Budaya Literasi, Kadis Arda: Jadikan Perpustakaan Sebagai Tempat Implementasi Teknologi Informasi

55
×

Perkaya Budaya Literasi, Kadis Arda: Jadikan Perpustakaan Sebagai Tempat Implementasi Teknologi Informasi

Sebarkan artikel ini
Perkaya Budaya Literasi, Kadis Arda: Jadikan Perpustakaan Sebagai Tempat Implementasi Teknologi Informasi
Tampak Kadis Arda, Eman Sulaiman mendampingi Sekda Ade Suryaman, ketika penyerahan Piagam penghargaan kepada pemenang lomba literasi. [Foto: Penasukabumi.com/DKIP].

PENASUKABUMI.COM – Giat lomba literasi yang dipersembahkan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi di Komplek GOR Cisaat, hari ini di tutup oleh Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman,
Kamis (7/9/2023).

Dalam pidatonya, Sekda Ade menyampaikan, mendorong penyelenggaraan lomba literasi ini menjadi sebuah kegiatan rutin, dengan harapan dapat memperkaya budaya literasi di kalangan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Saya berharap agar lomba seperti ini dapat diadakan setidaknya setiap semester,” ujarnya.

Lanjutnya, acara lomba literasi ini diikuti oleh peserta dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga remaja. Ade Suryaman menekankan pentingnya mendampingi anak-anak ini dalam perjalanan literasi mereka, dengan tujuan membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Tahun 2045 adalah target Indonesia sebagai negara emas, dan generasi muda adalah kunci kesuksesan kita. Semoga masa depan bangsa kita berada di tangan mereka,” tambahnya.

Sekda juga mengajak para orangtua untuk terus memberikan motivasi kepada anak-anak mereka, agar selalu bersemangat dalam menjalani kegiatan positif. “Saya ingin mengajak ibu-bapak untuk memberikan dukungan penuh kepada anak-anak kita agar mereka tidak kehilangan semangat dan fokus,” ungkap Ade Suryaman.

Dalam era yang terus berkembang, persiapan generasi penerus harus dimulai sedini mungkin, dan perpustakaan menjadi salah satu sumber daya yang sangat berharga.

“Saat ini, perpustakaan bukan hanya tempat baca buku, tetapi juga menjadi pintu gerbang dunia digital,” jelasnya.

Sementara itu, Eman Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, menambahkan bahwa lomba literasi ini mencakup beragam kompetisi, seperti mewarnai, bercerita dalam bahasa Sunda, menulis dan membaca puisi, membuat cerpen, jingle, serta pengelolaan perpustakaan sekolah. Ini semua bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi dasar masyarakat.

Kegiatan ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-153, yang mana menjadi momen untuk mempromosikan perpustakaan di era modern yang memiliki peran lebih besar daripada sekadar membaca dan meminjam buku. “Kami ingin menjadikan perpustakaan sebagai tempat implementasi teknologi informasi yang terus berkembang,” pungkasnya.

Pada akhir kegiatan, Sekretaris Daerah Ade Suryaman memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba literasi sebagai bentuk pengakuan atas prestasi mereka.