Sukabumi

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 115, Dengan Tema ” Semangat Untuk Bangkit”

46
×

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 115, Dengan Tema ” Semangat Untuk Bangkit”

Sebarkan artikel ini
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 115, Dengan Tema " Semangat Untuk Bangkit"

PENASUKABUMI.COM – Pemerintah Kabupaten Sukabumi melaksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-115 dengan semangat yang membara di pelataran alun-alun Palabuhanratu. Peringatan yang berlangsung tahun ini mengusung tema Semangat Untuk Bangkit, sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan Indonesia yang bangkit dan maju di tahun 2045 mendatang. Senin (22/05/2023).

Dalam upacara yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu, Komandan Upacara dijabat oleh Ipda Subit Sudrajat, yang melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Dalam pidatonya, Wakil Bupati Sukabumi menyampaikan pentingnya tema Semangat Untuk Bangkit dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini. Beliau menekankan bahwa semangat tersebut tidak hanya menjadi jargon semata, melainkan harus dibuktikan dengan tindakan nyata untuk mewujudkan kebangkitan Indonesia di masa depan.

“Untuk mewujudkan bukti kebangkitan ini, kolaborasi dari semua unsur sangatlah penting,” ujar Wakil Bupati Sukabumi.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sukabumi juga membacakan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika, Mahfud MD. Dalam sambutannya, Mahfud MD menyampaikan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini merupakan momen untuk merayakan perjuangan bersama antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa yang bekerja sama dalam mewujudkan kebangkitan bangsa Indonesia dari berbagai krisis global, termasuk krisis kesehatan, perekonomian, dan geopolitik.

Data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukkan tanda-tanda positif dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tercatat bahwa perekonomian Indonesia pada tahun 2022 tumbuh sebesar 5,31 persen, jauh meningkat dibandingkan pertumbuhan pada tahun 2021 yang sebesar 3,70 persen, bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi pada tahun 2019.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I tahun 2023 masih terus bertumbuh sebesar 5,03 persen year on year (YOY), menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen (YOY),” tambah Wakil Bupati Sukabumi.

Capaian tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia dan hal tersebut menjadi salah satu tujuan utama dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, peringatan ini juga menjadi momentum untuk mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, dan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan pembangunan yang telah dilakukan.

Dalam upacara tersebut, hadir pula para tokoh masyarakat, perwakilan sektor swasta, akademisi, dan komunitas untuk memberikan dukungan dan semangat dalam mewujudkan visi kebangkitan bangsa. Mereka sepakat bahwa kolaborasi dan sinergi antara semua pihak adalah kunci utama dalam mencapai Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Selain itu, Wakil Bupati Sukabumi juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berupaya dalam memajukan ekonomi daerah. Potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sukabumi harus dimanfaatkan secara optimal untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah mengimplementasikan berbagai program pembangunan, termasuk pengembangan sektor pariwisata, pertanian, industri, dan infrastruktur. Langkah-langkah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 di Kabupaten Sukabumi juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran inovasi dan produk unggulan daerah, seminar tentang pembangunan ekonomi, serta lomba-lomba yang melibatkan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi generasi muda dalam berperan aktif dalam membangun bangsa.

Dengan semangat yang tinggi dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat, Kabupaten Sukabumi optimis dapat mewujudkan Indonesia yang bangkit dan maju di tahun 2045. Semua pihak diharapkan terus bekerja bersama, menghadapi tantangan, dan mengimplementasikan nilai-nilai persatuan dan kesatuan guna mengatasi berbagai krisis dan mencapai kemajuan yang lebih baik bagi bangsa dan negara.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 di Kabupaten Sukabumi berakhir dengan semangat dan harapan tinggi untuk masa depan yang gemilang. Semua pihak berkomitmen untuk terus bekerja keras, bersatu, dan saling mendukung dalam mewujudkan cita-cita kebangkitan bangsa Indonesia.