Sukabumi

Mobil Larasita Hadir, Mempermudah Proses Sertifikasi Tanah Di Kota Sukabumi

728
×

Mobil Larasita Hadir, Mempermudah Proses Sertifikasi Tanah Di Kota Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Mobil Larasita Hadir, Mempermudah Proses Sertifikasi Tanah Di Kota Sukabumi

PENASUKABUMI.COM – Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri S Hamami, meresmikan Mobil Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah (Larasita) di Halaman Hotel Santika Kota Sukabumi. Rabu (17/5/2023).

Mobil Larasita merupakan layanan jemput bola yang hadir untuk mendukung pelayanan proses sertifikasi tanah di berbagai kelurahan wilayah Kota Sukabumi. Layanan ini beroperasi setiap hari Rabu dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri S Hamami, mengapresiasi inovasi yang diluncurkan oleh Kementrian ATR/BPN, karena diharapkan inovasi tersebut dapat memberikan kontribusi dalam percepatan pertumbuhan ekonomi.

Diluncurkannya inovasi baru ini diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan memudahkan mereka dalam mendapatkan pelayanan pertanahan.

“Selain itu, juga diharapkan dapat mengurangi beban biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat dalam proses sertifikasi tanah.

Kepala Kantor Pertahanan Kota Sukabumi, Surahman, menambahkan bahwa Kementerian Agraria dan Tata Ruang telah melakukan banyak upaya untuk mewujudkan visi/misi tahun 2024, yakni menjadi “institusi yang berstandar dunia” dengan menerapkan nilai-nilai “Melayani, Profesional, Terpercaya”. Saat ini, sedang dilakukan peralihan media dari data analog ke data digital.

Beberapa layanan yang telah diimplementasikan menggunakan sistem elektronik antara lain Pendaftaran Hak Tanggungan, Roya, Pengecekan Sertipikat, Informasi Zona Nilai Tanah, dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah.

Seluruh informasi mengenai pertanahan dan tata ruang dapat diakses melalui aplikasi sentuhtanahku, Gistaru, serta pengelolaan administrasi perkantoran melalui aplikasi e-Office, termasuk persuratan, tandatangan elektronik, dan presensi kehadiran.

Kantor pertanahan Kota Sukabumi juga menambahkan inovasi layanan seperti Informasi Larasita, Weekend Service, Pelataran, Lestari, dan Lapis.

Diharapkan Kantor Pertahanan Kota Sukabumi dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, Lembaga Vertikal, dan pihak-pihak terkait lainnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.