Sukabumi

Melalui Pelatihan Digital Marketing Angkatan II, Wali Kota Sukabumi Dorong Pelaku UMKM

34
×

Melalui Pelatihan Digital Marketing Angkatan II, Wali Kota Sukabumi Dorong Pelaku UMKM

Sebarkan artikel ini
Melalui Pelatihan Digital Marketing Angkatan II, Wali Kota Sukabumi Dorong Pelaku UMKM
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menghadiri pembukaan pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis ekonomi digital angkatan II di Hotel Balcony pada Senin (15/5/2023). [Foto: Dokpim Kota Sukabumi]

PENASUKABUMI.COM – Acara kegiatan pembukaan Pelatihan dan Pendidikan Vokasi berbasis Ekonomi Digital Angkatan II, Pelaku UMKM Kota Sukabumi digelar di Hotel Balcony, Senin (15/5/2023).

Kegiatan yang digelar Dinas Koperasi, Perindustrian, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi dan Bappeda Kota Sukabumi ini mendidik, agar pelaku UMKM naik kelas dengan memaksimalkan melalui smartphone sebagai alat produksi, khususnya dalam pemasaran digital. Pembukaan pelatihan dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

” Pelatihan digital marketing rencananya berjumlah 10 angkatan dan per angkatan 50 orang,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutan pembukaan. Kegiatan ini digelar karena kota Sukabumi mendapatkan prestasi dari Pemprov Jabar berupa anggaran.

Lanjut Fahmi, setelah berembug dalam rangka recovery ekonomi maka anggaran diarahkan pada pendidikan pelatihan, dan pendampingan untuk pelaku UMKM. Berharap UMKM tidak hanya bertahan di satu titik, melainkan harus bergerak dan melesat jadi ikon UMKM Jabar.

Sehingga lanjut Fahmi dipilih pelatihan agar UMKM makin sehat dan tumbuh serta berkembang. Ia menekankan peran penting UMKM, dimana jumlahnya kini telah mencapai 62 juta pelaku usaha yang meningkat jumlahnya di masa pandemi. Sebab, ketika pandemi ada pegawai yang dirumahkan sehingga jadi pelaku UMKM.

Namun harapannya ketika terjun ke usaha, maka jadikan pilihan bukan alternatif. ” UMKM sekarang ini tidak perlu ruang besar, sebagaimana perkantoran tidak harus di kantor,” ungkap Fahmi. Yang paling penting kalau ingin UMKM meningkat melesat, maka kata kunci membangun desain promosi yang hebat karena tanpa promosi produk tidak mungkin dikenal.

Fahmi menerangkan, saat ini pemasaran produk sifatnya tidak lagi door to door atau face to face namun sekarang digital. ” Ingat teknologi dan zaman berubah dan tidak ada yang bisa menolak teknologi karena yang bisa dilakukan beradaptasi dengan teknologi,” imbuh dia.

Pengguna media digital terang Fahmi per Januari 2023 dari total populasi penduduk Indonesia 276 juta yakni pengguna media HP sebanyak 353,8 juta. Hal ini menunjukkan pengguna HP lebih banyak karena rata-rata orang memiliki lebih dari satu HP. Menurut data itu disebutkan, pengguna internet sebanyak 212 juta dan yang aktif di media sosial 167 juta.

Kondisi ini menunjukkan luar biasa percepatan media digital di Indonesia. Intinya kata Fahmi, dunia nyata dan dunia maya semakin tidak ada jarak. Kalau hanya sebatas alat komunikasi sudah ketinggalan zaman.

” Sehingga ada pelatihan ini agar UMKM naik kelas, manfaatkan HP sebagai alat produksi,” imbuh Fahmi. Terlebih, Kota Sukabumi jadi percontohan di Jabar dalam digitalisasi perbankan tidak ada uang cash yang beredar. Namun karena pandemi mundur.

Kalau tidak adaptasi lanjut Fahmi, maka UMKM akan tertatih tatih dan harus beradaptasi dengan teknologi dan sekarang dididik. Transformasi teknologi ini tidak hanya dalam ekonomi melainkan dalam pendidikan dari manual base learning tatap muka menjadi digital dan pembelian kini melalui online.

Fahmi menuturkan, kelebihan digital marketing diantaranya kecepatan penyebaran produk, kemudahan evaluasi, murah efektif dan membangun nama brand. Terakhir, dengan pelatihan ini UMKM Sukabumi harus melekat dari waktu ke waktu karena akan makin tumbuh dan berkembang.

Sekretaris Diskumindag Kota Sukabumi Asep Yoni menerangkan, pelatihan ini merupakan angkatan kedua setelah pekan yang lalu angkatan pertama. ” Pelatihan memberikan keterampilan berupa teknologi internet dalam digital marketing,” cetus dia.

Asep menuturkan, dulu pemasaran melalu manual dan sekarang hanya upload di internet sudah tersebar kepada masyarakat. Pelatihan angkatan kedua ini berlangsung pada 15-17 Mei 2023.

dokpim/R Iyan Satria