Sukabumi

Longsor di Girijaya Cidahu: Tiga Rumah Jebol, Warga Berhasil Selamat

88
×

Longsor di Girijaya Cidahu: Tiga Rumah Jebol, Warga Berhasil Selamat

Sebarkan artikel ini
Longsor di Girijaya Cidahu: Tiga Rumah Jebol, Warga Berhasil Selamat

PENASUKABUMI – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan dampak serius pada Kampung Cidadap RT 05/01 Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu pada Minggu (03/12) sekitar pukul 18.00 WIB, dinding tiga rumah warga jebol dan tertimbun material longsor.

Menurut Jepri, salah seorang warga, longsor tersebut terjadi akibat tebing setinggi 7,5 meter yang roboh akibat hujan deras. Rumah-rumah yang terdampak milik Baen (80), Miptahudin (26), dan Iwan (36), namun untungnya tidak ada korban jiwa.

“Ia longsor tadi magrib, menimpa rumah bapa baen, miptahudin, sama rumah pa iwan. Untungnya sebelum tanah menimpa rumah mereka sudah keluar,” ujar Jepri

Meskipun saat kejadian penghuni rumah sedang menunaikan shalat Magrib, mereka berhasil menyelamatkan diri. Namun, pemilik rumah terpaksa diungsikan karena risiko longsor susulan dan kondisi cuaca yang belum stabil.

Tim evakuasi yang terdiri dari pemerintah desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan warga setempat sedang berupaya mengatasi dampak bencana ini. Total kerugian masih dalam proses penghitungan oleh petugas di lapangan.

Upaya evakuasi material longsor terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga. Pemerintah desa juga terlibat aktif dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada korban serta mengantisipasi potensi risiko lanjutan akibat cuaca buruk.