Sukabumi

Disdagin Dampingi Bupati Resmikan Gedung IKM Opak Ketan Jampang

108
×

Disdagin Dampingi Bupati Resmikan Gedung IKM Opak Ketan Jampang

Sebarkan artikel ini
Disdagin Dampingi Bupati Resmikan Gedung IKM Opak Ketan Jampang

PENASUKABUMI.COM – Plt Kepala Disdagin Kabupaten Sukabumi Dani Tarsoni mendampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Gedung Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Opak Ketan Jampang di Jalan Cirangkong, Desa Jagamukti, Surade. Sabtu, (04/11/23).

Gedung tersebut bakal menjadi tempat promosi dan penjualan berbagai produk IKM di wilayah Pajampangan kawasan geopark. Selain itu, ada pula pelayanan perizinan yang berkaitan dengan kebutuhan industri.

Bupati Marwan Hamami mengatakan, gedung dibangun untuk mendongkrak produk IKM di Kabupaten Sukabumi agar lebih dikenal masyarakat luas. Dimana tujuan akhirnya, untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kita bersyukur bisa memiliki gedung ini untuk menampilkan berbagai produk. Bersyukur pula, gedung ini dibangun oleh kementerian,” ujarnya.

Apalagi, berbagai produk khas Pajampangan sangat banyak dan luar biasa enaknya. Ketika semua itu disatukan dalam satu gedung, bisa lebih terpusat promosinya.

“Kita di Pajampangan itu, ada Opak, Rengginang, dan berbagai makanan khas lainnya yang terkenal dan enak. Semua itu, bisa kita nikmati di sini,” ucapnya.

Bahkan, makanan Opak sendiri dipatenkan sebagai nama gedung tersebut. Sebab, Opak sudah menjadi ikon di wilayah Pajampangan.

“Pajampangan itu, brand imagenya Opak. Jadi, kita pakai sebagai nama gedung. Meskipun, isi di dalam gedungnya bukan hanya Opak saja,” ungkapnya.

Disdagin Dampingi Bupati Resmikan Gedung IKM Opak Ketan Jampang

Gedung IKM ini berlokasi di perlintasan kawasan geopark. Terutama pantai Ujunggenteng, Minajaya, hingga tempat wisata ternama lainnya. Sehingga para wisatawan bisa diarahkan untuk mampir ke tempat ini sebelum mereka pulang.

“Nanti, wisatawan bisa diarahkan ke sini untuk berbelanja oleh-oleh khas Pajampangan pula,” serunya.

Tak hanya itu saja, tempat ini pun bisa dikolaborasikan dengan berbagai pihak. Sehingga banyak kegiatan yang bisa menimbulkan pengunjung ke tempat ini.

“Di sini bisa dibuat sejumlah kegiatan yang bekerjasama dengan penggiat kesenian, budayawan, dan lainnya. Sampai, tempat ini selalu ramai. Kalau bisa ada tempat kuliner juga,” bebernya.

Disdagin Dampingi Bupati Resmikan Gedung IKM Opak Ketan Jampang

Semua itu diyakininya bisa dilakukan. Apalagi dengan diperkuat kolaborasi bersama berbagai pihak.

“Kalau semuanya jalan, bisa ramai terus di tempat ini. Ketika itu terjadi, akan menciptakan multiplier effect bagi masyarakat. Di mana akhirnya masyarakat bisa lebih sejahtera. Mari manfaatkan potensi yang sudah ada ini,” tegasnya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Sukabumi Dani Tarsoni menambahkan, di area yang diresmikan bupati terdapat gedung industri. Di mana gedung itu menjadi workshop dan tempat produksi produk IKM.

“Dibelakang gedung Sentra IKM Opak Ketan Jampang ini, ada tempat produksi juga. Di area ini lengkap berkaitan IKM. Ini akan menjadi pusat IKM di Pajampangan,” terangnya.

Peresmian ini pun tidak sekadar seremonial, sebab terdapat Festival IKM Pajampangan. Selain itu, ada pula pasar murah yang melibatkan berbagai dinas terkait.

“Kita ada gerakan pasar murah dari sejumlah dinas seperti, Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan, dan lainnya,” jelasnya.