Sukabumi

Bupati Sukabumi Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan: Perkuat Kesejahteraan Keluarga Berkualitas

66
×

Bupati Sukabumi Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan: Perkuat Kesejahteraan Keluarga Berkualitas

Sebarkan artikel ini
Bupati Sukabumi Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan: Perkuat Kesejahteraan Keluarga Berkualitas
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, hadiri pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan di Pendopo. [Foto: Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menghadiri pelantikan sejumlah Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan di Pendopo pada Selasa, (24/10/23). Pelantikan ini dilaksanakan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan, setelah terjadi rotasi dan mutasi dalam pemerintahan. Poin menariknya, Ketua TP PKK Kecamatan ini biasanya merupakan istri dari camat atau sekmat yang bersangkutan.

Menurut data yang diperoleh, terdapat 16 Ketua TP PKK Kecamatan yang dilantik. Mereka akan memimpin TP PKK di Kecamatan Cidadap, Sagaranten, Cidolog, Tegalbuled, Gegerbitung, Sukalarang, Kabandungan, Cimanggu, Cisolok, Cidahu, Kebonpedes, Ciemas, Ciracap, Nagrak, Jampangtengah, dan Surade.

Bupati H. Marwan memberikan pesan kepada para Ketua TP PKK yang baru dilantik untuk terus memberikan semangat kepada masyarakat. TP PKK memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun keluarga yang berkualitas.

H. Marwan menyampaikan, “Setelah pelantikan ini, para ibu-ibu di TP PKK dapat segera melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan dengan baik. Selama menjalankan tugas, penting untuk memperkuat koordinasi dan akselerasi serta menjalankan sepuluh program PKK.”

Selain itu, Bupati Marwan menekankan pentingnya meningkatkan komunikasi, baik ke tingkat atas maupun bawah, sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. “Ketua harus intens dalam berkomunikasi, terutama dengan TP PKK Desa. Sampaikan juga semangat kepada mereka,” katanya.

Selain itu, TP PKK Kecamatan diharapkan mendukung program pemberdayaan masyarakat, seperti program “Perempuan Hebat untuk Keluarga Berkualitas” (Perahu Kertas), yang merupakan bagian dari program Pemerintah Kabupaten. “Program seperti Perahu Kertas dapat dijalankan di tingkat kecamatan hingga desa, bersama dengan program-program lainnya,” tambahnya.

Bupati Marwan berharap adanya banyak terobosan di bawah kepemimpinan yang baru ini. “Sinergitas, kolaborasi, dan inovasi sangat penting. Saya berharap semuanya dapat menunjukkan hal tersebut. Selamat menjalankan tugas bagi yang telah dilantik,” ujar Bupati Marwan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan, menjelaskan bahwa pelantikan ini berkaitan dengan perubahan tugas suami-suaminya yang menjadi pemimpin di tingkat kecamatan. Oleh karena itu, rotasi dan mutasi juga terjadi di tingkat Ketua TP PKK Kecamatan.

Hj. Yani mengungkapkan bahwa seluruh program TP PKK di tahun 2023 telah selesai dan mencapai sejumlah prestasi hingga tingkat provinsi. “Semua program 2023 telah berhasil dijalankan dengan baik dan menghasilkan prestasi di tingkat provinsi,” ujarnya.

Terkait hal ini, dia mengatakan bahwa berbagai perlombaan akan diikuti pada tahun 2024 mendatang dan mengajak semua TP PKK untuk bersiap meraih prestasi di tahun tersebut. “Mari kita persiapkan diri untuk meraih prestasi di tahun 2024 mendatang,” tutupnya.