SukabumiPendidikan

Bupati Sukabumi Bangun Generasi Berkualitas di Era Modern, Pentas PAI Tingkat Jabar

54
×

Bupati Sukabumi Bangun Generasi Berkualitas di Era Modern, Pentas PAI Tingkat Jabar

Sebarkan artikel ini
Bupati Sukabumi Bangun Generasi Berkualitas di Era Modern, Pentas PAI Tingkat Jabar
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Provinsi jenjang SD dan SMP. [Foto: Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Provinsi Jawa Barat jenjang SD dan SMP tahun 2023, bertempat di Lapangan Cangehgar Palabuhanratu, Senin (03/7/2023).

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, kegiatan pentas PAI tingkat provinsi Jabar yang dilaksanakan di Kab. Sukabumi bertujuan untuk melahirkan generasi bangsa yang berkualitas guna memperkuat nilai-nilai akidah di era modernisasi saat ini.

“Dari pentas PAI ini anak-anak didorong untuk bisa menunjukkan minat bakat yang terarahkan,” ucapnya.

Menurut Bupati Marwan, pentas PAI sebagai ajang melihat bakat dan talenta serta menggali potensi anak untuk dikembangkan, sekaligus menyiapkan putra-putri daerah yang terbaik untuk mewakili Jawa Barat ke tingkat Nasional dengan harapan bisa mewujudkan Jabar Juara.

Kegiatan pentas PAI menurutnya, memiliki multiplier effect positif yang bisa mendorong terjadinya peningkatan syi’ar budaya islam serta dapat membentengi generasi muda dan umat islam dari berbagai pengaruh buruk yang dapat merusak ketahanan mental dan moral.

“Kita tidak bisa mengelakkan hadirnya teknologi dan budaya luar oleh karena itu saya titip kepada Bapak Ibu guru PAI, bagaimana perkembangan ilmu teknologi informasi kepada anak-anak kita harus dicermati dengan penguatan keyakinan terhadap akidah, karena persoalan akses teknologi terhadap hal-hal negatif sangat mudah,” Imbuhnya.

Bupati Sukabumi mengajak agar komponen masyarakat bisa bekerja keras, cerdas, dan kerja nyata dalam melakukan sebuah sinergi dan kolaborasi yang kuat untuk memperkokoh ajaran islam.

Bupati berharap, kepada para guru pendidik dan pembina agar bisa menghantarkan generasi bangsa yang berakhlak dan beragama.

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Ibad Saepul Ibad menjelaskan, Tujuan kegiatan ini untuk mengukur prestasi dan motivasi peserta didik agar lebih mencintai dan mengamalkan nilai-nilai ajaran islam, menyeleksi peserta didik berdasarkan kriteria penilaian dan ketentuan yang berlaku untuk dijadikan sebagai kafilah provinsi Jawa Barat menuju tingkat nasional.

“Pentas PAI se-Provinsi Jawa Barat berlangsung selama satu hari yang diikuti oleh 27 Kab/Kota dengan mengusung tema merdeka prestasi menjunjung tinggi akhlak islami,” Katanya.

Diungkapkan Ibad, Pentas PAI merupakan perlombaan dibidang pendidikan agama islam baik akademik maupun non akademik secara beregu dan perorangan.

“Ada beberapa mata lomba pada Pentas PAI ini antara lain, Lomba Cepat Tepat Pai, Pidato Pai, Mtq, Mhq Surat-surat Pendek, Kaligrafi, Praktik Shalat Berjamaah, Qasidah Rebana, Adzan Berikut Do’a Setelah Adzan, Serta Olimpiade PAI,” paparnya.