DPRD Kab SukabumiSukabumi

Wabub Mewakili Bupati Dalam Rapat Paripurna DPRD, Tentang Raperda Hak Penyandang Disabilitas

102
×

Wabub Mewakili Bupati Dalam Rapat Paripurna DPRD, Tentang Raperda Hak Penyandang Disabilitas

Sebarkan artikel ini
Wabub Mewakili Bupati Dalam Rapat Paripurna DPRD, Tentang Raperda Hak Penyandang Disabilitas
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri hadir mewakili Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pada rapat paripurna DPRD. [Penasukabumi.com/Ist] .

PENASUKABUMI.COM – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri hadir mewakili Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pada rapat paripurna DPRD dengan agenda penyampaian pendapat Bupati atas raperda tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Rapat paripurna berlangsung di Aula utama gedung DPRD. Jajaway, Rabu (14/06/2023).

Wabup membacakan pendapat Bupati Sukabumi yang menjelaskan bahwa Raperda tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas yang diinisiasi oleh komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi sangat diperlukan untuk melindungi dan menjamin hak-hak penyandang disabilitas sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Perlindungan dan pemenuhan hak tidak hanya diberikan kepada warga negara yang memiliki kesempurnaan secara fisik dan mental, perlindungan dan pemenuhan hak juga harus diberikan kepada kelompok rentan seperti penyandang disabilitas.

Karena itu, Pemerintah daerah wajib melakukan perencanaan, penyelenggaraan dan evaluasi tentang pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas yang dirumuskan dalam rencana induk sebagaimana diamanatkan dalam UU No 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

“Pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas berdasarkan asas penghormatan terhadap martabat, otonomi individu, tanpa diskriminasi.

Diharapkan dengan adanya Raperda tersebut dapat menjadi sarana maupun instrumen dalam mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas di Kab Sukabumi menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan setara.