Sukabumi

Semangat Dan Gotong-royong, di Hari Koperasi ke-76 oleh Bupati Sukabumi

101
×

Semangat Dan Gotong-royong, di Hari Koperasi ke-76 oleh Bupati Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Semangat Dan Gotong-royong, di Hari Koperasi ke-76 oleh Bupati Sukabumi
Bupati H. Marwan Hamami peringati Hari Koperasi ke 76 tingkat Kabupaten Sukabumi. [Foto :Penasukabumi.com/Ist] .

PENASUKABUMI.COM – Peringati Hari Koperasi ke 76 tingkat Kabupaten Sukabumi diisi dengan seminar yang menghadirkan sejumlah pemateri hebat. Bahkan para pemateri yang terlibat dalam kegiatan di Hotel Pangrango ini, pelaku sukses koperasi hingga pejabat dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Kegiatan yang mengambil tema menuju koperasi modern dengan inovasi kolaborasi ini, dibuka langsung Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami sangat mendukung kegiatan semacam ini. Hal itu untuk meningkatkan ilmu masyarakat yang bergelut di bidang koperasi.

“Kegiatan seminar semacam ini, bisa menjadi solusi dan berbagi pengalaman terkait memajukan koperasi,” ujarnya, Selasa (18/7/2023).

Selain itu, kegiatan ini pun untuk meningkatkan rasa kebersamaan para pelaku koperasi sesuai asas koperasi yakni kekeluargaan dan gotong-royong.

“Lewat semangat dan kebersamaan anggota, semuanya akan lebih indah. Apalagi, hasilnya akhirnya untuk kesejahteraan bersama,” ucapnya.

Namun yang tak kalah penting, ialah pemanfaatan teknologi oleh koperasi itu sendiri. Hal itu seperti koperasi modern yang terkandung dalam tema kegiatan ini.

“Kualitas SDM yang handal dan pemanfaatan teknologi mutlak diperlukan untuk menjadikan koperasi modern. Salah satunya lewat pendidikan dan pelatihan,” ungkapnya.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mencoba memudahkan hal tersebut. Salah satunya lewat Si Informan Berdasi yang digagas Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi. Sistem informasi manajemen diklat dan pemberdayaan koperasi ini, dapat memudahkan masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM.

“Si Informan Berdasi ini mutlak diperlukan dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM koperasi yang terencana, terstruktur, dan tepat sasaran,” bebernya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sukabumi Catri Gunawan menambahkan, terdapat sejumlah indikator menuju koperasi modern. Hal itu dimulai dari peningkatan keanggotaan, modal,aset, transparansi, dan akuntabilitas.

“Koperasi ini harus terus didorong demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.

Maka dari itu, pelaku koperasi yang mengikuti seminar ini, diminta memperhatikan secara seksama. Apalagi, dengan materi yang sangat luar biasa.

“Semoga lewat seminar ini, bisa termotivasi untuk lebih memajukan koperasi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut pun, terdapat penyerahan penghargaan terhadap sejumlah koperasi dengan kategori sehat, tercepat melaksanakan rapat anggota tahunan( RAT), sisa hasil usaha (SHU) terbesar, dan produsen peternak terbaik. Kegiatan diakhiri dengan peluncuran Si Informan Berdasi oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Koperasi penerima penghargaan tahun buku 2022 antara lain ;

Koperasi Kategori Sehat :

  1. Koperasi Konsumen Nurul Iman Dwiguna
  2. KPRI Rati Balitri Parungkuda
  3. Koperasi Konsumen Pegawai PLTU Palabuhanratu Sejahtera Bersama

Koperasi Tercepat Melaksanakan RAT :

  1. Koperasi Konsumen Al Ikhlas Madani Berdikari

Koperasi SHU terbesar :

  1. Koperasi Konsumen Pegawai PLTU Palabuhanratu Sejahtera Bersama

Koperasi Produsen Peternak Terbaik :

  1. Koperasi Peternak Serba Usaha Riung Mukti