Sukabumi

Sekda Sukabumi Tinjau Kawasan Pantai Cibutun: Tingkatkan Kolaborasi Penanggulangan Sampah

71
×

Sekda Sukabumi Tinjau Kawasan Pantai Cibutun: Tingkatkan Kolaborasi Penanggulangan Sampah

Sebarkan artikel ini
Sekda Sukabumi Tinjau Kawasan Pantai Cibutun: Tingkatkan Kolaborasi Penanggulangan Sampah
Sekda Ade Suryaman, bersama pemerintah Daerah dan TNI tinjau kawasan Pantai Cibutun. [Foto: Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, melakukan peninjauan di Pantai Cibutun, pesisir Loji, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan Pada Sabtu, (14/10/23).

Peninjauan ini merupakan tindakan serius dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam mengevaluasi kondisi tumpukan sampah, terutama limbah tekstil dan garmen, yang terjadi minggu sebelumnya.

Hasilnya, kawasan pesisir Pantai Loji telah berhasil dibersihkan dan kembali menjadi tempat yang bersih dan indah. Aktivitas pembersihan melibatkan berbagai alat berat seperti loader, beko, dan dump truk yang masih aktif di sekitar lokasi.

Sekda Ade Suryaman, menjelaskan bahwa aksi pembersihan sampah telah berlangsung sejak tanggal 4 hingga 14 Oktober, dan saat ini masih berlanjut dengan kolaborasi antara pemerintah daerah dan TNI.

“Alhamdulillah, setelah 11 hari, Pantai Cibutun telah terlihat bersih, hanya ada beberapa tumpukan sampah yang perlu diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan operasional pembersihan masih berlangsung,” katanya.

Sekda menegaskan komitmen untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya penanggulangan sampah di kawasan tersebut, termasuk melibatkan Kecamatan dan Desa untuk rutin menurunkan alat berat.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dengan tidak membuang sampah ke sungai atau laut.

Ade Suryaman menutup dengan pengumuman bahwa Pemerintah Kabupaten akan memulai inisiatif “aksi bersih-bersih pantai” setiap hari Jumat di sepanjang 117 KM kawasan pantai Kabupaten Sukabumi.

Ditempat hang sama Dandim 0622, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo, melaporkan bahwa sekitar 250 ton limbah garmen telah diangkut, dan sekitar 50 ton sampah tersisa yang akan diangkut dan dibuang ke TPA oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Dandim juga menekankan pentingnya kerja sama berkelanjutan antara pihak militer dan pemerintah daerah untuk menjaga kebersihan kawasan pantai secara berkala, dan mendukung inisiatif Pemkab untuk melakukan pembersihan pantai setiap minggu,” pungkasnya.