Sukabumi

Sekda Pimpin Rakor Menuju Pencapaian Predikat KLA 2023 Kabupaten Sukabumi

168
×

Sekda Pimpin Rakor Menuju Pencapaian Predikat KLA 2023 Kabupaten Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Sekda Pimpin Rakor Menuju Pencapaian Predikat KLA 2023 Kabupaten Sukabumi

PENASUKABUMI.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, memimpin Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Layak Anak di Pendopo Sukabumi. Kamis (25/05/2023).

Acara diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi, bertujuan untuk membahas upaya strategis dan sinkronisasi kegiatan di berbagai lembaga guna mendukung pencapaian predikat Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) pada tahun 2023.

Kepala Dinas DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk percepatan Kab. Sukabumi menjadi Kabupaten Layak anak, melalui penyamaan persepsi gugus tugas dalam tahapan KLA, memahami dan komitmen dalam penyusunan kegiatan yang berorientasi pada pemenuhan hak anak.

“Alhamdulillah kita naik level dari Pratama menjadi utama dan rencananya akan di verifikasi lapangan oleh Kementrian PPA, tentunya ini berkat dukungan dari semua stekholder, Kekurangan kekurangan dalam persiapan KLA ini bisa kita perbaiki bersama sama untuk menunjang nilai katagori utama” terangnya.

Di tempat yang sama Sekda mengungkapkan bahwa Rakor Gugus tugas KLA ini diadakan sesuai dengan komitmen dan upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan Sukabumi menjadi Kabupaten Layak Anak,

“Apalagi kita sudah berada di posisi Utama , Selain itu Pemkab juga mendorong Pelaksanaan kebijakan untuk Mengakselerasikan terwujudnya Kabupaten Layak Anak secara menyeluruh pada semua sektor” ungkapnya.

Menurut Sekda, Tujuannya bukan semata mengejar predikat KLA saja, namun juga diarahkan agar mampu melakukan aksi nyata, kerja keras serta kerja nyata di lapangan dengan melibatkan seluruh Perangkat daerah dengan tugas dan Perannya masing-masing, ” jelasnya.

Kedepan, lanjut Sekda, diharapkan pemenuhan hak-hak anak untuk hidup tumbuh dan berkembang dapat terjamin.

“Dengan adanya rapat koordinasi ini, saya optimis aksi berikutnya jauh lebih akomodatif, sesuai tuntutan yang berkembang, Saya juga mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan risiko terhadap anak dalam segala bentuk.” Pungkasnya

Ketua PKK Yani Jatnika Marwan menambahkan jajaran PKK baik yang ada di kecamatan maupun desa siap berperan aktif dalam pemenuhan hak-hak anak.

“Melalui rakor ini segala masalah dalam pemenuhan hak-hak anak bisa kita diskusikan bersama sehingga Kabupaten Sukabumi akan bisa meraih predikat KLA 2023,” ujarnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), perwakilan Kementerian Agama (Kemenag), serta para camat. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten Layak Anak.