Sukabumi

Restorasi Ekosistem Sungai Cimandiri melalui Restocking 3000 Ikan Nilem oleh Dinas Perikanan

70
×

Restorasi Ekosistem Sungai Cimandiri melalui Restocking 3000 Ikan Nilem oleh Dinas Perikanan

Sebarkan artikel ini
Restorasi Ekosistem Sungai Cimandiri melalui Restocking 3000 Ikan Nilem oleh Dinas Perikanan
Dinas perikanan Kabupaten Sukabumi lakukan upaya Pelestarian Sungai Melalui Kegiatan Pelepasliaran Ikan Nilem. [Foto :Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Dinas perikanan Kabupaten Sukabumi terus melakukan upaya Pelestarian Sungai Melalui Kegiatan Pelepasliaran Ikan (Restocking) di Sungai Cimandiri Center Desa Wangunreja Kec. Nyalindung berbarengan dengan acara anniversary ke 4 komunitas BELWICH, Minggu (6/08/23).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi beserta jajaran, unsur Dinas PU, Perangkat Desa Wangunreja serta anggota komunitas pemancing Sungai di Kabupaten Sukabumi.

Kepala Dinas Perikanan Nunung Nurhayati menyampaikan apresiasi sebesar- besarnya terhadap kegiatan positif yang di lakukan komunitas tersebut, menurutnya Dinas perikanan mendorong agar kegiatan ini dapat disinergikan dengan instansi lainnya seperti penyediaan pohon untuk penghijauan sempadan sungai dan kegiatan yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan sungai.

Ikan yang dilepasliarkan adalah ikan Nilem sebanyak 3.000 ekor. Ikan Nilem merupakan jenis ikan Lokal yang hidup liar di perairan umum terutama di sungai-sungai yang berarus sedang dan berair jernih.

Dinas Perikanan mengajak masyarakat sekitar agar ikut serta dan bersinergi dalam upaya pelestarian ikan dan lingkungan, adapun kegiatan yang dapat dilakukan seperti :

Bersih sungai, Penanaman pohon di Lingkungan Sungai/ Situ, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan alat tangkap yang berbahaya bagi biota perairan seperti penggunaan setrum dan racun, serta bersama sama mengawasi pembuangan limbah langsung yang berbahaya ke sungai.

“kegiatan perilisan ikan ini harapannya dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat nantinya ikan yang ada dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi masyarakat sekaligus sebagai bentuk komitmen dinas perikanan dalam menurunkan angka stunting,” ungkap Nunung.