Sukabumi

Luar Biasa!! Pemkab Sukabumi Raih Swastisaba Wistara Ketiga Kalinya

70
×

Luar Biasa!! Pemkab Sukabumi Raih Swastisaba Wistara Ketiga Kalinya

Sebarkan artikel ini
Luar Biasa!! Pemkab Sukabumi Raih Swastisaba Wistara Ketiga Kalinya
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami optimis bisa meraih swasti saba wistara ke tiga kalinya di tahun ini. [Foto :Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengaku optimis bisa meraih swasti saba wistara ke tiga kalinya di tahun ini. Hal itu pasca verifikasi lanjutan penghargaan kabupaten/kota sehat (KKS) tahun 2023 pusat secara virtual, Selasa, 18 Juli 2023. Apalagi, respon tim verifikator pusat yang luar biasa atas jawaban yang disampaikan tim dari Kabupaten Sukabumi.

“Kita selalu optimis bisa meraih swasti saba wistara ketiga kalinya ini. Bahkan hasil verifikasi lanjutan ini, kita dianggap cukup bagus dibanding daerah lain,” ujarnya.

Apalagi, berbagai inovasi dan kegiatan di setiap tatanan telah terpenuhi dan terealisasikan dengan baik. Dimulai dari tatanan pertama hingga sembilan yang menjadi indikator dalam penilaian KKS.

“Dalam mencapai swasti saba wistara, kita melibatkan pentahelix. Lewat kebersamaan semua pasti bisa terselesaikan dengan baik,” ucapnya.

Meskipun begitu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sehingga, semua benar-benar menjadi kebiasaan yang baik.

“Edukasi tidak bisa dilakukan sebentar. Harus terus menerus sampai semua menjadi kebiasaan,” ungkapnya.

Apalagi, dalam waktu dekat Kabupaten Sukabumi menjadi tuan rumah healthy cities summit 2024. Peraihan swasti saba wistara bisa menjadi penggugah semangat bagi Kabupaten Sukabumi.

“Hasil dari KKS ini harus betul betul terlihat. Hasil ini pun bisa menjadi tiket masuk ke jejaring kota sehat se Asean,” bebernya.

Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Hj. Yani Jatnika Marwan menambahkan, pertanyaan dari verifikator dapat terjawab dengan baik. Bahkan, mereka puas dengan jawaban yang diberikan tim Kabupaten Sukabumi.

“Jawaban dari pak Bupati dan tim memuaskan verifikator pusat. Kami berharap dan optimis, swasti saba wistara bisa diraih kembali. Sehingga, Kabupaten Sukabumi tiga kali berturut-turut mendapatkan swasti saba wistara,” terangnya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Maxi Rondonuwu, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang telah berpastisipasi dalam penyelenggaraan swasti saba 2023. Apalagi, swasti saba merupakan penghargaan sekaligus perayaan bagi daerah yang berhasil menyelenggarakan KKS.

“Terima kasih Kabupaten Sukabumi sudah bekerja keras dan memenuhi 9 tatanan. Saat ini merupakan verifikasi lanjutan. Di mana, tim pusat akan pendalaman terkait hasil verifikasi dokumen yang dikirim,” pungkasnya.