Sukabumi

Dibuka Sementara!! Akses Jalan Alternatif Koramil Bagi Penguna Roda Dua

316
×

Dibuka Sementara!! Akses Jalan Alternatif Koramil Bagi Penguna Roda Dua

Sebarkan artikel ini
Dibuka Sementara!! Akses Jalan Alternatif Koramil Bagi Penguna Roda Dua
Pembukaan sementara Akses Jalan Alternatif Koramil oleh Danramil 0607-13/Cicurug, Kapten Arm U. Sanusi. [Foto: Penasukabumi.com/us].

PENASUKABUMI.COM – Pemerintah Desa Purwasari bekerja sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cicurug dengan gembira mengumumkan pembukaan sementara Jalan Alternatif Koramil yang terletak di Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada hari ini, Senin (17/7/2023).

Dalam sebuah acara peresmian, Kepala Desa Purwasari, Agus Setiagunawan, menyatakan bahwa perbaikan jalan pengecoran Jalan Alternatif Koramil ini berhasil dilakukan oleh pihak PT Waskita. Saat ini, masyarakat sudah dapat merasakan manfaatnya. Namun, jalan ini baru dapat dilalui oleh kendaraan roda dua (motor) setelah melalui koordinasi dengan PT Waskita.

“Kami mewakili masyarakat Desa Purwasari mengucapkan terima kasih kepada PT Waskita yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap Jalan Alternatif Koramil ini,” ujar Kepala Desa Nyangkowek, Erik Zulkarnain.

Dia berharap bahwa jalan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Purwasari dan pengguna jalan lainnya. Untuk memastikan masa depan jalan ini, pihak terkait akan berkoordinasi untuk membatasi tonase kendaraan yang melintas di jalan alternatif ini, mengingat bahwa hal ini menjadi polemik di masyarakat.

Erik menjelaskan bahwa kerusakan jalan ini sebagian disebabkan oleh kendaraan berat yang sering melintas di jalan tersebut. Selain itu, kurangnya saluran air (drainase) di sepanjang Jalan Alternatif Koramil juga menjadi penyebab kerusakan tersebut. Hal ini akan segera dikomunikasikan dengan pihak terkait untuk tindak lanjut.

“Jalan Alternatif Koramil ini merupakan jalan kabupaten, sehingga pihak pemerintah melalui dinas terkait harus memperhatikan dan mengalokasikan anggaran secepat mungkin untuk memperbaiki drainase ini,” tambahnya.

Sementara itu, Danramil 0607-13/Cicurug, Kapten Arm U. Sanusi, menambahkan bahwa jalan yang selama ini menjadi perbincangan akhirnya telah selesai diperbaiki oleh PT Waskita. Saat ini, jalan tersebut dapat digunakan oleh kendaraan roda dua setelah melewati periode 14 hari sejak pengecoran untuk menjaga kualitas dan kekuatan jalan.

Namun, setelah berkoordinasi dengan PT Waskita dan mengadakan musyawarah, kebijakan tersebut mengizinkan kendaraan roda dua melintasi Jalan Alternatif Koramil ini. Sanusi menjelaskan bahwa jalur ini sering dilalui oleh anak-anak sekolah yang kini sudah mulai beraktivitas belajar, sehingga hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting.

Secara umum, Jalan Alternatif Koramil ini diperkirakan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat pada hari Rabu, 26 Juli 2023, setelah hasil survei dari pihak PT Waskita. Sanusi berharap agar jalan alternatif ini dapat segera digunakan, dan di masa depan, semua pihak harus saling bertanggung jawab untuk merawat jalan ini bersama-sama.

Dengan dibukanya Jalan Alternatif Koramil ini, masyarakat Desa Purwasari dan sekitarnya dapat menikmati akses yang lebih lancar dan mengurangi kemacetan di jalan utama. Perbaikan jalan ini juga diharapkan akan memberikan dampak positif dalam mobilitas dan ekonomi lokal.