Sukabumi

Alternatif Baru, Solusi Urai Kemacetan Cibadak Sukabumi

117
×

Alternatif Baru, Solusi Urai Kemacetan Cibadak Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Macet di jembatan pamuruyan cibadak sukabumi
Kemacetan di jalan raya cibadak-sukabumi. [Foto:TribunJabar]

PENASUKABUMI.COM – Ruas Jalan Nasional Cibadak, Kabupaten Sukabumi, menjadi permasalahan masyarakat. Pasalnya jalan itu kerap mengalami kemacetan yang begitu panjang.

Rencananya, pemerintah Kabupaten Sukabumi bakal membangun ruas jalan alternatif Pamuruyan – Kebonrandu, Kecamatan Cibadak. Hal itu menjadikan solusi atas permasalahan kemacetan yang sering terjadi di jalur utama tersebut.

“Monitoring dan evaluasi terhadap perencanaan pembangunan ruas jalan alternatif sudah dilakukan, kini masuk proses pengkajian,” ujar Iyos Somantri Wakil Bupati Sukabumi, Selasa (30/5/2023).

Ia menyebut, kemacetan di jalur utama itu tidak hanya menghambat mobilitas sosial dan ekonomi masyarakat. Akan tetapi sektor pariwisata pun kerap terganggu pula.

“Terhambatnya serta sektor pariwisata di Sukabumi, kami sebagai pemerintah perlu melakukan solusi atas permasalahan ini,” terangnya.

Selain menjadi solusi kemacetan kata Wabup, ruas jalan ini akan menjadi strategis untuk mendukung kemudahan mobilitas sosial dan ekonomi masyarakat serta sektor pariwisata di Sukabumi.

“Saat ini, perencanaan pembangunan jalan alternatif ini tengah dikaji lebih dalam oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, sebab terdapat titik lokasi yang mengharuskan pembangunan jembatan dengan kajian dan biaya yang matang,” tandasnya.