Berita

Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Bersihkan Pantai Loji di Awal Tahun 2024

154
×

Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Bersihkan Pantai Loji di Awal Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Bersihkan Pantai Loji di Awal Tahun 2024

PENASUKABUMI – Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi mengambil langkah proaktif membersihkan sampah setelah perayaan malam pergantian tahun 2024 di beberapa objek wisata pantai, terutama kawasan Palabuhanratu, termasuk pantai Loji.

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, memimpin kegiatan bersih-bersih pantai Loji untuk memulai tahun 2024 dengan tindakan positif.

“Dalam menyikapi masalah sampah, kita lihat sebagai permasalahan budaya. Jika masih terlihat banyak sampah di suatu wilayah, itu menandakan budayanya masih suka membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, mari kita cintai lingkungan, minimal dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujar Dandim Anjar Ari Wibowo, Jumat (5/1/2024).

Dandim Anjar Ari Wibowo mengaku sekitar 7,5 ton sampah berhasil dikumpulkan dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dalam pelaksanaan pembersihan pantai Loji.

“Dengan rencana kegiatan semacam ini akan dilakukan secara rutin, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan,” terangnya.

Sebelumnya, Danramil 2202/Palabuhanratu, Kapten Inf Amril menjelaskan, pukul 08.00 WIB, lebih dari 300 peserta dari berbagai lapisan masyarakat dan unsur pemerintahan berkumpul di Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, untuk melaksanakan kegiatan bakti bersih-bersih.

Anggota TNI, Polri, Knpi, Ormas, OKP, P2bk, Tagana, TKSK, Puskesmas, Puskesos, PGRI, Pramuka, Linmas, perangkat desa Loji dan Sangrawayang, Karang Taruna, unsur kecamatan, serta DLH Kab. Sukabumi ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan membersihkan sampah sepanjang pantai Loji dengan jarak sekitar 1 km. Setiap peserta diberikan kantong sampah berukuran 30 kg, dan sampah yang terkumpul akan diangkut oleh kendaraan yang disiapkan oleh DLH Kab. Sukabumi,” jelas Danramil 2202/Palabuhanratu, Kapten Inf Amril.

Reporter : Berry Kurnia