Berita

Jurnalis Bela Negara Ajak Abah Landoeng Berlatih Tenis di Makodiklatad

301
×

Jurnalis Bela Negara Ajak Abah Landoeng Berlatih Tenis di Makodiklatad

Sebarkan artikel ini
Jurnalis Bela Negara Ajak Abah Landoeng Berlatih Tenis di Makodiklatad
Abah Landoeng saat memungut bola di Lapang tenis Makodiklat Bandung (Foto: Dok JBN)

“Teman kedua Abah yang diajak makan adalah Mispar, eks Komandan Lanud Husein Sastranegara Bandung dan eks Komandan Bandara Sulaiman, kedua tokoh tersebut saat itu di era tahun 1950-1960-an cukup tenar di Kota Bandung dan Jawa Barat,” ungkap Abah Landoeng.

Lebih lanjut Abah Landoeng bercerita saat menjadi pelatih tenis, “Beberapa murid Abah di antaranya Jenderal Edi Sudrajat, dan Jenderal Aang Kunaefi,” ungkapnya.

Abah Landoeng bercerita, saat dirinya melatih Jenderal Edi Sudrajat, tiba-tiba Edi Sudrajat permisi ke toilet, namun tiba-tiba datang Perwira tinggi yang mau mengantar surat, uniknya justru dirinya disuruh Perwira tinggi tersebut untuk mengantarkan surat.

Tanpa disangka-sangka jenderal Edi Sudrajat keluar dari toilet, dan bertanya kepada Perwira tinggi kemana gurunya, yakni Abah Landoeng, Perwira tinggi tersebut lalu mengatakan Abah Landoeng disuruh olehnya mengantar surat, “Itu Guru saya, tidak sopan kamu, ayo minta maaf!”, kata Jenderal Edi Sudrajat kepada Perwira tinggi tersebut dengan wajah berang.

Perwira tinggi tersebut menurut Abah Landoeng kaget! dan langsung meminta maaf berkali-kali dengan gerakan hormat militer ke Jenderal TNI Edi Sudrajat.