Berita

Hujan Deras di Sukabumi, 10 Rumah Warga Terendam Banjir

162
×

Hujan Deras di Sukabumi, 10 Rumah Warga Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
Hujan Deras di Sukabumi, 10 Rumah Warga Terendam Banjir
Hujan Deras di Sukabumi, 10 Rumah Warga Terendam Banjir

PENASUKABUMI – Hujan deras dengan intensitas tinggi melanda Kampung Babakan RT 26/09, Desa Pondokaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (23/04/2024) sekitar pukul 17.00 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam banjir.

Babinsa Desa Pondokaso Landeuh, Sertu Dadan Subandi, menjelaskan bahwa luapan air hujan tersebut disebabkan oleh saluran air yang tersumbat oleh akses jalan rumah warga.

“Dampak dari hujan deras ini membuat sejumlah rumah warga terendam banjir karena air meluap dari selokan yang tertutup oleh akses jalan rumah warga,” ungkapnya.

Dadan menambahkan bahwa saluran air yang seharusnya terbuka menjadi tersumbat oleh sampah, sehingga air hujan tidak memiliki jalur keluar yang baik.

“Solusi agar kejadian serupa tidak terulang adalah dengan memperbaiki saluran air yang tertutup oleh akses jalan rumah warga atau dengan membuat bak kontrol agar sampah yang menyumbat bisa dibersihkan,” tambahnya.

Ketika banjir melanda, sebanyak 10 rumah warga mengalami terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 2 sampai 4 cm.

“Dengan kerjasama antara pihak terkait dan warga masyarakat, akhirnya saluran air yang tersumbat berhasil dibersihkan sehingga banjir dapat teratasi,” ungkap Dadan.

Kejadian ini menjadi peringatan bagi seluruh warga agar lebih memperhatikan kebersihan dan keteraturan saluran air di sekitar lingkungan rumah masing-masing, guna mencegah terjadinya banjir saat hujan deras melanda.