Sukabumi

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Warga Kaum Kaler Karang Tengah

5568
×

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Warga Kaum Kaler Karang Tengah

Sebarkan artikel ini
Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Warga Kaum Kaler Karang Tengah
Warga Kaum Kaler Karang Tengah, Gotong Royong Buat Obor Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H. [Foto :Penasukabumi.com/Heri].

PENASUKABUMI.COM – Sambut tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H, warga Kaum Kaler Rt 02/Rw 01, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Sukabumi saat ini melaksanakan kegiatan kerja bareng bersama para warga.

Adapun kegiatan yang dilakukan warga kaum kaler, di isi dengan kegiatan membuat Obor dari bambu yang akan digunakan pada hari Selasa malam, tepatnya malam Rabu 1 Muharram.

Agar diketahui, gelar Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, biasanya ratusan warga dari RT 01, Kampung Kaum Kaler, Desa Karang Tengah, turun ke jalan untuk menggelar pawai obor.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dipimpin langsung oleh Ketua kampung Rt 02, saudara Ana Suhadna, didampingi para tokoh masyarakat ujang Samsudin, Apay, Babay dan Abdulah sebagai tokoh Pemuda dan warga sekitarnya.

Abdulah saat dimintai tanggapan dirinya mengatakan, untuk acara puncaknya besok malam setelah sholat isha semua warga akan turun ke jalan untuk memeriahkan pawai obor tersebut, ucap Abdulah, Senin (17/7/2023).

Bukan hanya orang dewasa, mulai dari anak-anak juga tampak antusias dalam menyambut Tahun Baru Islam.”Kegiatan ini sebenarnya bagi masyarakat terutama anak-anak bahwa tradisi ini sebenarnya tradisi yang baik,” ujarnya.

Masih diterangkan, kegiatan pawai obor tersebut merupakan tradisi masyarakat setempat yang masih dipertahankan setiap tahunnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar warga,” tuturnya.

“Saya sebagai warga kaum kaler merasa sangat bangga punya masyarakat yang masih mempertahankan tradisi keagamaan umat muslim, ke depan semoga pawai-pawai seperti ini dapat diikuti oleh keluarga lainnya,” pungkasnya.