Sukabumi

Bikin Panik! Rumpun Bambu di Cidahu Terbakar

156
×

Bikin Panik! Rumpun Bambu di Cidahu Terbakar

Sebarkan artikel ini
Kebakaran rumpun bambu cidahu
Petugas Damkar Posko III Cicurug berupaya memadamkan api (Foto: Penasukabumi/Bery Kurniawan)

PENASUKABUMI.COMKebakaran rumpun bambu milik Ukat (70) warga Cidahu Wetan 07/03, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Sukabumi. membuat warga panik.

Kebakaran terjadi Senin (16/10/2023) sekitar pukul 13.15 WIB. Saat itu, Solihat (47) warga setempat mengaku mendengar seperti ada suara petasan.

Kemudian ia mencari asal bunyi dan mendekati lokasi. lalu mengetahui suara tersebut dari pohon bambu yang terbakar.

“Iya, saya kira suara bunyi petasan dari orang hajatan, ternyata bunyi tersebut berasal dari pohon bambu yang sudah terbakar,” ujarnya kepada penasukabumi

Dia pun berteriak meminta tolong ke warga sekitar, dan puluhan warga berdatangan ke lokasi kejadian. Lalu, dengan alat seadanya mereka mencoba memadamkan api.

“Saya, beramai-ramai untuk mencoba mematikan kobaran api dengan mengambil air dikolam menggunakan ember seadanya,” Ujar Solihat

Ketua DPKP Posko III (Damkar) Cicurug Hasan Basri mengatakan, bahwa pihaknya mendapat laporan dari Kepala Desa Tangkil, adanya rumpun bambu dilahan milik warga Kampung Cidahu Wetan yang terbakar. Kemudian dari laporan tersebut pihaknya segera menuju titik lokasi kebakaran.

“Iya, mengingat lokasi kebakaran tidak bisa di jangkau dengan menggunakan mobil Damkar, akhirnya kami menggunakan mesin Alkone dengan mengambil air dari kolam yang tidak jauh dari lokasi,” Ujar Hasan

Lanjut Ia, dalam waktu kurang lebih sekitar 20 menit tim Posko III Damkar Cicurug akhirnya bisa memadamkan sumber api dari rumpun bambu yang terbakar tersebut.

“Alhamdulillah, api bisa dipadamkan dengan terus melakukan pendinginan sampai sumber titik api benar-benar padam. Sedangkan untuk penyebabnya kebakaran belum bisa diketahui,” punkasnya.

Hasan pun menghimbau kepada warga masyarakat jangan membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Hadir dalam evakuasi kebakaran tersebut, Pemerintah Desa Tangkil, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta warga masyarakat setempat.