ArtikelKesehatan

Apa Manfaat “Push Up” Bagi Tubuh

156
×

Apa Manfaat “Push Up” Bagi Tubuh

Sebarkan artikel ini
Apa Manfaat "Push Up" Bagi Tubuh
Foto:alodokter

Penasukabumi.com – Untuk menjaga kesehatan tubuh dan hidup sehat, selain dari makanan dan pola hidup yang teratur dengan baik, olahraga juga sangat penting bagi tubuh. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa di lakukan, terumata olahraga yang dapat kita lakukan dimanapun dan kapanpun, salah satunya push up.

Push up merupakan latihan yang sederhana namun sangat efektif untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas. Latihan ini melibatkan gerakan menekan tubuh dari posisi tengkurap ke posisi terangkat dengan menggunakan tangan dan kaki sebagai penopang. Push up dapat dilakukan di mana saja, tanpa peralatan khusus, sehingga menjadi salah satu latihan yang populer.

Latihan push-up juga termasuk olahraga ketahanan isometrik. ketahanan isometrik yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak guna memicu kontraksi otot.

Manfaat Push Up:

Membangun kekuatan otot
Salah satu manfaat utama push up adalah membantu membangun kekuatan otot pada tubuh bagian atas. Latihan ini melibatkan otot-otot dada, lengan, bahu, dan punggung bagian atas. Dengan melakukan push up secara rutin, Anda dapat mengembangkan otot-otot tersebut, sehingga tubuh Anda menjadi lebih kuat dan berotot.

Meningkatkan kekuatan inti tubuh

Push up melibatkan otot-otot inti tubuh seperti otot perut dan otot punggung bagian bawah. Ketika Anda melakukan gerakan push up, otot-otot inti tubuh akan bekerja keras untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh. Dengan demikian, push up dapat membantu memperkuat otot-otot inti Anda.

    Meningkatkan stabilitas bahu dan tulang belakang:

    Push up melibatkan gerakan mengangkat tubuh menggunakan lengan dan bahu sebagai penopang. Dengan melatih otot-otot tersebut, push up dapat membantu meningkatkan stabilitas bahu dan tulang belakang Anda. Ini dapat bermanfaat dalam mencegah cedera dan memperbaiki postur tubuh.

    Meningkatkan kekuatan tulang
    Push up adalah bentuk latihan beban tubuh yang membantu memperkuat tulang. Latihan beban tubuh telah terbukti meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada orang dewasa.

    Meningkatkan daya tahan tubuh
    Push up melibatkan gerakan yang melibatkan banyak otot sekaligus. Melakukan push up secara teratur akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Anda akan merasakan peningkatan kebugaran secara keseluruhan dan mampu melakukan aktivitas fisik lainnya dengan lebih mudah.

    Mencegah Sarcopenia
    Selain manfaat seperti yang kita ketahui di atas. Manfaat Push Up yang jarang di ketahui yaitu mencegah dan mengatasi masalah sarcopenia. Di lansir dari channel youtube Ikhsan Angga Kusuma, Sarcopenia adalah jenis kondisi dimana massa otot Mengalami penurunan dikarenakan adanya penuaan pada masa otot ataupun otot. Hal ini dapat terjadi di sebabkan kurangnya aktivitas tubuh, seperti terlalu banyak duduk atau rebahan.contoh,seperti terlalu banyak bermain game

    Menjaga kesehatan Jantung
    Ketika melakukan olahraga push up, detak jantung akan meningkat, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan rutin berolahraga push up, maka kesehatan kardiovaskular juga terus terjaga

    Menurunan berat badan
    Dengan melakukan push up, lemak-lemak di tubuh akan terbakar karena gerakan yang dilakukan. Sehingga dapat menurunkan berat badan dan memperkuat otot.

    Membuat Mood Lebih
    Seperti olahraga lainnya, ketika melakukan olahraga push up, hormon yang bikin bahagia alias hormon endorfin juga akan tercipta.
    Maka dari itu, mood juga harusmenjadi lebih baik dan merasa lebih happy setelah melakukan push up.