BeritaSukabumi

Libur Natal: Wisatawan Serbu Sukabumi Selatan, Okupansi Capai 100 Persen

181
×

Libur Natal: Wisatawan Serbu Sukabumi Selatan, Okupansi Capai 100 Persen

Sebarkan artikel ini
Libur Natal: Wisatawan Serbu Sukabumi Selatan, Okupansi Capai 100 Persen
Okupansi wisatawan mencapai 100 persen, dengan dominasi kunjungan ke wilayah Sukabumi Selatan.

PENASUKABUMI – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DPC Kabupaten Sukabumi, Yudha Suryadharma, mengungkapkan fenomena menarik terkait libur Natal 2023 di wilayahnya. Menurutnya, okupansi wisatawan mencapai 100 persen, dengan dominasi kunjungan ke wilayah Sukabumi Selatan.

“Barometernya wisatawan sekarang pada libur Natal 2023 lebih banyak ke arah selatan, pantai selatan baik ke Palabuhanratu ataupun ke Geopark Ciletuh,” kata Yudha Suryadharma, Senin (25/12/2023).

Data okupansi yang masuk pada rentang tanggal 22 Desember hingga 26 Desember untuk hotel dan penginapan per wilayah menunjukkan tingkat hunian yang signifikan.

“Untuk wilayah utara sekitar 60%, selatan mencapai 80%, dan Pajampangan atau Geopark Ciletuh mencapai 90%,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yudha menjelaskan bahwa wilayah selatan, terutama Palabuhanratu, mencatatkan okupansi sebesar 80%.

“80% ini datanya berdasarkan sumber dari anggota PHRI. Namun, jika ditambah non-anggota, terutama penginapan pinggir pantai, bisa mencapai 90% atau bahkan penuh 100%,” tambahnya.

Tingginya okupansi di wilayah selatan dipengaruhi oleh preferensi wisatawan yang cenderung memilih tempat penginapan di pinggir pantai, seperti balai-balai atau pengelola pantai wisata.

“Wisatawan lebih memilih tempat bermalam yang menyajikan pengalaman langsung di tepi pantai, seperti di Palabuhanratu dan sekitarnya,” jelas Yudha.

Selain itu, destinasi favorit di wilayah selatan seperti Pantai Karang Hawu, Geyser Cisolok, Pantai Ujung Genteng, dan Geopark Ciletuh semakin populer.

“Khusus untuk Karang Hawu, wisatawan cenderung menginap di balai-balai yang menambah daya tarik destinasi ini,” paparnya.

Reporter: Berry Kurniawan