Sukabumi

Program N-ren, Pemberdayaan Masyarakat Kasepuhan Gelar Alam bersama OISCA Duta Besar Jepang

109
×

Program N-ren, Pemberdayaan Masyarakat Kasepuhan Gelar Alam bersama OISCA Duta Besar Jepang

Sebarkan artikel ini
Program N-ren, Pemberdayaan Masyarakat Kasepuhan Gelar Alam bersama OISCA Duta Besar Jepang
Kerjasama NGO OISCA, Kadistan Sukabumi Wakili Bupati Terima Duta Besar Jepang di Kasepuhan Sirnaresmi.[Foto : Penasukabumi.com/Ist].

PENASUKABUMI.COM – Bertempat di Kasepuhan Gelar Alam Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok, Kadistan hadir mewakili Bapak Bupati untuk menerima kunjungan Duta Besar Jepang yang diwakili oleh wakil Dubes Mr. Tamura Masami dan perwakilan OISCA, untuk Indonesia.

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka Penutupan program “Grant Assistance for Japanese NGO Project” atau N-ren Program.

Melalui kerjasama dengan NGO OISCA, program N-ren ini telah dilaksanakan selama 3 tahun dengan tujuan utama pemberdayaan masyarakat.

Tahun pertama fokus pada kegiatan membangun pertanian dengan kegiatan perbaikan dan pembangunan saluran irigasi serta budidaya pertanian berbasis organik dan agroforestry.
Tahun kedua, fokus pada kegiatan terkait peternakan, perikanan, pengolahan, pembangunan rumah galeri, dan pengolahan sampah.

Tahun ketiga, yang merupakan tahun terakhir fokus pada pembentukan kelompok usaha bersama dan pembuatan MCK bagi masyarakat. Di tahun terakhir ini telah dilaksanakan pula study banding ke Jepang sebanyak 10 orang dari perwakilan kelompok dan kasepuhan Gelar Alam.

Mewakili Bupati Sukabumi, Kadistan mengawali sambutannya dengan menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan pemerintah Jepang untuk Kabupaten Sukabumi pada lokus Kasepuhan Gelar Alam, Kata Kadistan Sri Hastuti Harahap, Sabtu (22/7/23).

Selanjutnya, agar masyarakat kasepuhan dapat memanfaatkan secara maksimal bantuan tersebut dan melanjutkan pasca program berakhir. Ah
Harapannya, program ini dapat direplikasi juga oleh OISCA untuk desa lain yang jumlahnya cukup banyak dan juga membutuhkan sentuhan pemberdayaan di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.