ArtikelKesehatan

Suka Minum Kopi ! Cari Tau Apa Manfaatnya disini.

319
×

Suka Minum Kopi ! Cari Tau Apa Manfaatnya disini.

Sebarkan artikel ini
Suka Minum Kopi ! Cari Tau Apa Manfaatnya disini.
Ilustrasi [foto:freepik]

PENASUKABUMI.COM – Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer di dunia. Khususnya di indonesia. Kopi merupakan minuman yang sangat di gemari oleh beberapa kalangan. Terbukti saat ini banyak sekali kedai kopi di setiap sudut kota, Bahkan kopi seolah sudah menjadi sebuah trade mark para remaja ketika akan pergi berkumpul, contoh :” ngopi yuk”. itu kadang bisa di artikan sebagai ajakan sekedar bersilaturahmi.

Minuman kopi ini terbuat dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi memiliki rasa yang kuat dan aroma yang khas. Selain itu, kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Maka, banyak sekali informasi tentang kopi yang wajib di ketahui.

Jenis Kopi

Terdapat beberapa jenis kopi yang dapat kita nikmati. Namun yang paling umum adalah Arabika dan Robusta. Arabika memiliki cita rasa yang lebih lembut dan sedikit asam, Sedangkan Robusta memiliki cita rasa yang lebih kuat dan lebih pahit.

Selain itu, ada juga kopi khas dari Indonesia seperti Kopi Toraja, Kopi Gayo, dan Kopi Luwak.
Kopi Luwak sendiri merupakan kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang telah dicerna oleh musang luwak, sedangkan Kopi Toraja dan Gayo adalah kopi khas dari daerah Toraja dan Gayo di Indonesia.

Proses Pembuatan Kopi

Proses pembuatan kopi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pengeringan, pemanggangan, penggilingan, dan penyeduhan.

Proses Pengeringan bertujuan untuk menghilangkan air dari biji kopi. Kemudian, biji kopi dipanggang untuk menghasilkan aroma dan rasa yang khas.
Setelah itu, biji kopi digiling menjadi bubuk kopi lalu diseduh dengan air panas.

Manfaat Kopi

Inilah salah satu alasan kenapa kopi banyak di gemari yaitu kopi terdapat beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, di antaranya :

  1. Meningkatkan Fungsi Otak:
    Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan meningkatkan mood. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan memori jangka pendek.
  1. Menjaga Kesehatan Jantung:
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kopi mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
  1. Membantu Menurunkan Berat Badan:
    Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Selain itu, kopi juga dapat menekan nafsu makan dan membatasi asupan kalori, sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.
  1. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes:
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan kopi dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengontrol kadar gula darah.
  1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Parkinson dan Alzheimer:
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit Parkinson dan Alzheimer. Hal ini karena kafein dapat membantu melindungi neuron dalam otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

Namun, perlu untuk diingat bahwa mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat memiliki efek samping di antaranya seperti sakit kepala, gelisah, dan insomnia.
Selain itu, minum kopi juga bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Maka dari itu, sebaiknya mengkonsumsi kopi dengan batas wajar dan di imbangi dengan kondisi kesehatan atau gaya hidup.